Blog yang menyajikan informasi terbaik di Indonesia

Rabu, 19 Oktober 2016

Teknik Belajar Bahasa Indonesia Melalui Kumpulan Pantun

Teknik Belajar Bahasa Indonesia Melalui Kumpulan Pantun - Belajar bahasa Indonesia dapat dilakukan melalui warisan peninggalan nenek moyang, yakni pantun yang dapat dijumpai dalam kumpulan pantun terlengkap di berbagai sumber. Ada beberapa teknik terbaik yang dapat membantu anda dalam merangkainya. Yang paling dasar bahwa anda harus paham dengan sajak abab pada pantun. Jika baris pertama diakhiri dangan akhiran a, maka yang kedua b. Selanjutnya sama, yakni baris ketiga a dan keempat b. Dalam satu bait terdiri dari empat baris, tidak boleh lebih. Dua baris petama berupa sampiran atau pembuka, sedangkan dua baris terakhir berupa isi. Ada 3 contoh segmentasi dalam membuat pantun yang dapat anda simak.

1. Teknik membuat pantun dalam segmen komedi
Secara teknik, anda harus memiliki kemampuan untuk membuat hiburan baik berupa bualan atau gombalan. Implementasinya, anda dapat menyisipkan lelucon yang sesuai dengan kondisi kepada siapa pantun tersebut ditujukan. Jangan sampai salah sasaran dengan melantunkan syair itu pada situasi yang salah, hasilnya adalah hambar dan garing. Pada kondisi umum yang menghibur, anda dapat membuat hiburan berupa pantun humor. Acara tersebut dapat anda sisipkan pantun jenaka lucu yang menggelitik. Sekarang ini, bukan hanya dalam pecintaan saja yang membutuhkan bualan, untuk menghibur rekan pun pantun gombal juga masih cocok dilantunkan dan masih ampuh menghibur.Banyak anda jumpai referensi tersebut di internet jika anda merasa kurang sumber.

2. Faktor pendukung membuat pantun bertema cinta
Siapa yang tidak mengalami masa indah percintaan, apalagi anak SMA, setiap orang pasti mengalaminya termasuk sering melontarkan pantun-pantun indah kepada pasangan cintanya. Di sini dibutuhkan pantun cinta romantis untuk dilanutnkan kepada pasangannya. Caranya, mereka harus mengetahui hal dan situasi yang romantis yang disukai oleh pasangan itu. Sesuatu itu akan menjadi identitas mereka.

Tidak hanya paham dengan kondisi yang menyenangkan saja, situasi yang sulit atau membingungkan pun harus mereka kenali. Mereka harus mencarikan jalan keluar dari rasa galau itu. Kemudian ungkapkan jalan keluar itu melalui pantun galau yang sedikit dapat meredam permasalahan.

3. Menjadi motivator melalui syair nasehat dan permainan kata
Dalam hal kehidupan terkecil pun, anda sebenarnya merupakan motivator. Anda sering memberikan saran bagi rekan anda dan menenangkannya di kala sedih hatinya. Semakin banyak anda belajar memotivasi, maka anda semakin profesional. Anda dapat secara kreatif memberi motivasi dengan teknik melantunkan pantun nasehat sehingga pesan nasehat itu seakan terasa menghibur dan tidak terkesan menggurui. Maka teman anda akan sedikit terhibur dans emangat kembali. Di lain sisi, anda juga pernah memberikan rasa penasaran yang menggugah daya pikir rekan anda. Itu dapat anda ungkapkan melalui pantun teka-teki yang membuat mereka penasaran hingga akhirnya mereka terkejut dan merasa terhibur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Teknik Belajar Bahasa Indonesia Melalui Kumpulan Pantun