Blog yang menyajikan informasi terbaik di Indonesia

Minggu, 31 Januari 2016

Panduan Memulai Bisnis Online Shop Lengkap

Tidak dipungkiri lagi, bisnis online shop atau biasa disingkat dengan olshop kini sudah menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Tidak sedikit para pedagang offline beralih profesi menjadi pedagang online. Selain mudah, Anda dapat menjaring calon pembeli dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan hanya berdagang di suatu daerah.

memulai bisnis online shop
Shopping
Banyak pebisnis olshop yang "tutup buku" karena salah mengambil langkah. Kurangnya pemahaman dunia online bisa berakibat fatal dengan bisnis Anda. Untuk itu, akan saya sajikan panduan lengkap untuk memulai bisnis online shop.

Jika Anda sedang atau akan memasuki dunia online shop, ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan agar bisnis olshop Anda bisa mengalami peningkatan dan dipercaya oleh para calon buyer Anda, yaitu:

#1. Mengutamakan Kualitas Produk

kualitas produk online shop
Kualitas produk
Saya sengaja meletakkan kualitas produk pada urutan pertama, karena inilah pondasi Anda!

Bagaimanapun Anda mengiklankan produk Anda pada media sosial, jika produk Anda sendiri tergolong tidak layak, saya yakin cepat atau lambat bisnis Anda akan mengalami penurunan.

Kita berbicara mengenai bisnis ONLINE shop, disitu merupakan media dimana setiap orang bebas mengemukakan pendapat secara bebas. Jika terdapat SATU saja keluhan dari pembeli, maka seluruh calon buyer Anda akan mengetahui hal tersebut dan hal itu tentu akan menurunkan reputasi Anda dalam dunia olshop.

Beda halnya dengan dagang offline, ketika ada pelanggan yang mengeluh dengan kualitas produk Anda, tidak semua calon buyer Anda mengetahui hal tersebut, bahkan mungkin pelanggan tersebut tidak menyampaikan keluhannya karena akan sedikit repot ketika harus kembali ke toko Anda.

Tapi apa yang terjadi jika pembeli Anda puas dengan produk yang mereka terima?

Tentu mereka akan percaya dengan kualitas produk yang Anda tawarkan dan mereka akan menjadi pelanggan setia Anda. Tidak hanya itu, kemungkinan besar mereka akan merekomendasikan Anda kepada teman dan keluarganya.

Tips jika bisnis Anda masih tergolong baru: Mintalah testimoni dari setiap buyer Anda! Setiap testimoni yang Anda kumpulkan akan menambah kepercayaan calon pembeli terhadap kualitas produk Anda. Trust me it works!


#2. Foto Produk Anda Sebagus Mungkin dan Berikan Sedikit Penjelasan


Oke kualistas produk Anda sudah memenuhi kriteria. Maka pembahasannya selanjutnya yaitu penyajian produk.

Produk udah oke, kenapa harus mementingkan foto?

Iya benar kualitas produk lah yang utama. Tapi untuk memberi tahu calon buyer Anda bahwa kualitas produk Anda lah yang terbaik itu melalui foto.

Ketika Anda ingin membeli jajanan yang belum pernah Anda beli sebelumnya di mini market, yang pertama kali Anda lihat yaitu KEMASANNYA. Hanya dengan melihat cover, orang dapat menilai mana pebisnis yang serius dan mana pebisnis abal-abal.

Dalam kasus ini, "kemasan" Anda berupa foto.

Jika Anda benar-benar serius dengan bisnis yang Anda jalani, persiapkanlah metode terbaik dalam menyajikan produk Anda. Foto produk Anda semenarik mungkin.

Baca tips saya mengenai cara membuat foto produk menjadi lebih bagus (Update).

Untuk beberapa produk seperti alat musik, foto saja tidaklah cukup. Para calon pembeli tidak hanya butuh tampilan fisik saja, tetapi juga bagaimana kualitas suara gitar yang Anda jual.

Buatlah beberapa video ulasan mengenai produk gitar yang Anda tawarkan, tidak perlu sebagus video komersial, yang penting apa yang dibutuhkan calon pembeli Anda terpenuhi seperti bagaimana bentuk dan kualitas suaranya.

Jangan lupa untuk melengkapi HARGA dan spesifikasi produk Anda.

...Saya sengaja menebalkan bagian kata harga.

Iya, lengkapi setiap produk Anda dengan harganya. Jika tidak, para calon pembeli Anda akan curiga bahwa Anda ada "bermain harga". Dapat dipastikan bahwa harga produk Anda belum FIX alias tidak pasti.

#3. Berikan Informasi Lengkap Anda


Baik itu melalui facebook, instagram, twitter, dan media sosial lainnya, berikan informasi lengkap mengenai bisnis Anda. Hal ini tentu bertujuan agar calon pembeli semakin percaya dengan Anda. Apabila jika mungkin, buatlah website khusus Anda berdagang.

Jadikan lah akun bisnis Anda seperti akun pribadi Anda. Jika Anda sedang cuti dan pergi jalan-jalan, tidak ada salahnya jika Anda meng-upload foto Anda ketika jalan-jalan.

Apakah itu terlihat tidak profesional?

Lupakan profesionalitas, kita berbicara mengenai menarik kepercayaan pelanggan Anda. Tunjukkanlah jati diri Anda. Anda memiliki hobi bermusik, tunjukkanlah. Dengan begitu, para calon pelanggan Anda akan mengenal Anda lebih baik.

4. Promosikan Produk Anda dengan BENAR


Selanjutnya pada tahap eksekusi.

Dalam melakukan promosi atau istilah gaulnya endorse, diperlukan etika dan cara yang baik dan benar. Banyak seller olshop yang melakukan kesalahan pada tahap ini.

...yang meraka lakukan adalah SPAMMING, bukan promosi.

Ada banyak cara promosi yang bisa dikatakan dengan spamming, bahasa kasarnya nyampah. Salah satunya seperti cuplikan berikut.

Spamming di instagram
Spam di Instagram

Kebiasaan promosi lainnya yang juga dikategorikan spamming yaitu dengan masuk ke grup facebook, tanpa basi-basi langsung promosi.

Lalu bagaimana yang benar?

Jika itu berupa grup atau forum, biasakan untuk selalu MEMPERKENALKAN DIRI terdahulu tanpa ada embel-embel promosi. Lakukan aktifitas normal seperti member-member grup lainnya.

Misal. Anda jago otomotif, dan produk yang Anda jual juga aksesoris otomotif. Bagikan beberapa informasi menarik seperti tips memperbaiki mobil mogok.

Dan ketika ada yang bertanya yang berkaitan dengan produk Anda, disitulah momen Anda untuk berpromosi.

Saya jamin dengan cara Anda akan lebih dipercaya ketimbang masuk grup, spamming, ngilang.

Jika Anda menjalankan bisnis ini seorang diri, tentu akan sedikit kesulitan dalam mengurus beberapa akun media sosial. Lain lagi jika ada yang menghubungi melalui online messenger seperti whatApp, BBM, Line, dan sebagainya.

Untuk itu saya menyarankan fokuslah hanya pada satu akun media sosial yang paling tepat untuk kriteria bisnis online shop Anda dan jadikan lainnya sebagai "pelengkap".

Setiap media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Saya sendiri akan merekomendasikan untuk menggunakan Facebook dan Instagram. Anda bisa membaca strategi promosi bisnis online shop melalui kedua media sosial tersebut di bawah ini.

 Cara Buat Iklan Facebook TERTARGET dan MURAH


Ada banyak alasan yang saya kemukakan pada tulisan di atas mengapa saya lebih mengutamakan untuk memilih kedua sosmed tersebut. Disitu saya juga berbagi tips bagaimana cara membuat iklan facebook yang TERTARGET dengan harga yang cukup MURAH, hanya memakan biaya sekitar Rp. 10.000-20.000 per harinya.

Media promosi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah FORUM.

Forum terbesar yang ada di Indonesia saat ini yaitu forum Kaskus. Anda bisa menjual produk Anda disana pada bagian Forum Jual Beli (FJB). Klik "Start Selling" pada bagian kanan atas lalu lengkapi profil Anda. seperti gambar ini.

Promosi di forum kaskus
Kaskus

Jika Anda kesulitan untuk untuk mempromosikan semua produk Anda disini, jangan lupa untuk memberikan link akun sosmed utama Anda.

#5. Sesuaikan Metode Pembayaran

Sampai juga pada tahap akhir, yaitu proses transaksi.

Bagian akhir yang jadi pertimbangan calon buyer Anda yaitu metode transaksi. Metode pembayaran yang wajib Anda sediakan yaitu Bank Transfer.

Sepertinya saya tidak perlu repot-repot menjelaskan panjang lebar mengapa mengharuskan mempunyai metode tersebut.

Upayakan untuk memiliki banyak akun Bank seperti BRI, BNI, Mandiri, dan lain lain. Dan jika mungkin, Anda juga bisa menerima pembayaran melalui paypal.

Metode Pembayaran Bank Transfer
Metode Pembayaran Bank Transfer


Pada beberapa kasus, buyer akan merasa sedikit keberatan jika harus transfer uang dari Bank yang berbeda. Apalagi jika produk Anda tergolong produk murah.

PENUTUP, dan...

Itulah beberapa hal utama yang perlu Anda persiapkan ketika ingin terjun ke bisnis online shop. Semua topik pembahasan di atas dituju kepada Anda yang sudah memiliki produk, apakah dari pabrik sendiri atau pabrik swasta lainnya, kerja sama dengan kenalan,  dan masih banyak lagi.

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki produk untuk dijual?

Dalam dunia bisnis online dikenal dengan namanya affiliate marketing. Intinya, Anda menjadi reseller. Dan tentunya Anda tidak perlu mengeluarkan modal.

dan hadiah penutup, saya sajikan panduan memulai bisnis olshop tanpa modal berikut.

Note: Beberapa tips lainnya akan dilengkapi dan dimasukkan disini. Silahkan dibookmark.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Rekomendasi dari Panduan Memulai Bisnis Online Shop Lengkap